Memasukkan Media Foto dan Video

Salah satu syarat menjadikan situs Anda menarik adalah menyisipkan media visual ke dalam tulisan atau artikel yang Anda posting. Media visual biasanya berupa foto dan video. Ini penting agar artikel tidak terlihat garing.

Untuk memasukkan foto atau video Anda harus melakukan pengunggahan ke server web. Ikuti caranya dengan menyimak langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah masuk ke teks editor, klik Add an image untuk foto dan add video untuk menyisipkan video yang ada di deretan paling kiri Upload/Insert.
  2. Tunggu hingga muncul jendela baru. Jendela tersebut akan member pilihan, apakah gambar akan di unggah dari computer (From Computer), mengambil dari website lain (From URL), ataukah dari galeri yang sudah di unggah sebelumnya  (Media Library). Setiap anda mengunggah melalui computer, gambar akan tersimpan otomatis ke dalam Media Library.
  3. Jika anda memilih akan menyisipkan gambar dari computer (From Computer) langsung saja tekan Select Files atau Browser Uploader jika browser bermasalah dengan aplikasi flash. Ingat gambar tidak boleh melebihi kapasitas 2 megabyte.
  4. Jendela baru akan langsung muncul menyeret pada browser computer. Cari letak gambar yang akan di unggah, klik dua kali atau open.
  5. Tunggu hingga proses unggah atau upload mencapai 100%.
  6. Isikan nama gambar pada Title dn teks pilihan pada Alternate Text(boleh diisi, boleh tidak).
  7. Jika mau, isi deskripsi gambar. Kemudian atur tata letak sesuai kebutuhan dan tampilan template WordPress Anda. Klik insert Into Post untuk menyisipkan pada artikel postingan.
  8. Jika Anda memilih gambar dari situs lain untuk disisipkan, pasti anda telah menyalin alamat situsnya.
  9. Pada Image URL, paste alamat yang telah di copy tadi. Tanda ceklis berwarna biru akan mengidentifikasi bahwa alamat tersebut benar. Isikan juga Image Title untuk member nama gambar. Alternatif teks dan pengaturan letak bisa Anda sesuaikan seperti langkah diatas.
  10. Pilihan terakhir adalah mengambil gambar dari Media Library. Anda cukup memilih gambar yang diinginkan dengan menekan Show untuk menapilkannya.

Langkah di atas sama saja pada saat Anda akan mengunggah video. Di atara pilihan menyisipkan gambar atau video di atas, menguggah langsung dari computer adalah pilihan terbaik. Sementara jika Anda  menyisipkan gambar atau video dari situs lain, tidak ada jaminan berapa lama gambar atau video tersebut bertahan di situs WordPress Anda. Karena bisa saja pemiliknya mengahapusnya secara manual.

 



Jasa Pembuatan Website di Surabaya

Lowongan Kerja

Dibutuhkan lulusan SMK DKV atau Multimedia, detil klik link dibawah ini.

Lowongan Kerja SMK